MERANTI - Komunitas Gemar Berbagi Membangun Negeri (GBMN) Meranti, merupakan perkumpulan Mahasiswa dan Eks Mahasiswa yang berasal dari Kepulauan Meranti namun berdomisili sementar"> MERANTI - Komunitas Gemar Berbagi Membangun Negeri (GBMN) Meranti, merupakan perkumpulan " />
Home
 
 
 
 
Komunitas GBMN dan Yayasan Fitrah Madani Taja Baksos Di Rangsang Pesisir dan Tebingtinggi Timur

Senin, 20/01/2020 - 13:45:11 WIB
MERANTI - Komunitas Gemar Berbagi Membangun Negeri (GBMN) Meranti, merupakan perkumpulan Mahasiswa dan Eks Mahasiswa yang berasal dari Kepulauan Meranti namun berdomisili sementara di Kota Pekanbaru untuk menempuh pendidikan ditingkat Universitas maupun yang meniti karir di Pekanbaru. Meskipun berdomisili sementara di Ibu Kota Provinsi, tidak menyurutkan rasa kepedulian mereka terhadap kampung halaman, hal itu dibuktikan dengan konsistensinya dalam menaja kegiatan Bakti Sosial (Baksos) bersama dengan Yayasan Fitrah Madani.

Dalam kegiatan yang ke 11 kalinya ini, turut ikut bersama dengan GBMN dan Yayasan Fitrah Madani adalah Bank Riau Kepri, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau, Badan Wakaf Al-Qur'an (BWA) Riau, Warkop Pinggiran 45 Pekanbaru, DKM Masjid Arfa'unnas, Badan Dakwah Islam (BDI), Euro Management, Baitul Mal Hasanah, Badan Kontak Majlis Taklim (BKMT) dan lain-lain.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Sokop Rangsang pesisir dan di Dusun Nerlang Desa Sungai Tohor Tebingtinggi Timur.

Rombongan tiba di Selatpanjang pada siang Jum'at (17/1/2020), bermalam dimasjid Agung Darul Ulum dan melaksanakan I'tikaf, paginya Tausiyah bersama jama'ah Masjid dengan pengisi tausiyah Ust. Baharuddin, Lc yakni Ustadz muda berusia ± 28 tahun dari Pekanbaru yang menyelesaikan gelar Lc nya di Kairo Mesir.

Tepat pukul 08.00 Wib rombongan Baksos menuju Desa Sokop Rangsang Pesisir dengan menggunakan Kapal Dakwal. Sekira 1 setengah jam perjalanan, tiba didesa Sokop. Keesok paginya, rombongan Baksos bersama Tim Medis berangkat menuju Nerlang Desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebingtinggi Timur, untuk melaksanakan Baksos dititik terakhir sekolah Marjinal Sekolah Luar Biasa (SLB) Nerlang.

Kegiatan tersebut, disambut masyarakat dengan sangat antusias, salah satu warga Sokop juga Ust yang membina Mu'allaf yakni Ust. Sopian Sauri atau dikenal juga dengan Ust. Surotun, sangat senang dengan datangnya rombongan dari Yayasan Fitrah Madani Meranti dan GBMN, baginya kehadiran rombongan tersebut, sangat memberikan dampak posistif yang besar bagi para Muallaf dan warga.

"Alhamdulillah, kami mewakili warga, sangat berterimakasih banyak kepada Ust Fauzi dan rombongan, yang hadir memberikan banyak bantuan, mulai Layanan Kesehatan Gratis buat masyarakat, Edukasi Pendidikan dan Kesehatan disekolah, Ceramah Agama, Pembuatan Pupuk dan Pemberian Sembako serta pakaian layak pakai buat kami. Hanya Allah SWT. yang dapat membalasnya. Semoga ridho Allah selalu bersama aktivitas kita sehari-hari,"_Ujar Ust surotun .

Kegiatan dimulai dengan membagi tim ke beberapa kelompok. Ada yang ke Masjid untuk Tabligh Akbar, ada yang ke Kantor Desa untuk mengikuti Aksi Pelayanan Kesehatan Gratis dengan Tim Medis Dokter dan Perawat yang didatangkan dari Pekanbaru dengan dibantu oleh Bidan setempat.

Kegiatan berlanjut disekolah dengan Pemberian Makan Tambahan, Edukasi Kebersihan dan Pemberian Hygiene Kit serta sagu hati peralatan tulis baca. Sorenya, Komunitas GBMN melakukan demo pembuatan Pupuk Kompos dengan memanfaatkan bahan dari lingkungan sekitar didepan masyarakat. Kemudian diakhiri dengan penyerahan bibit tanaman seperti Durian, Kelengkeng, Matoa dan lainnya.

Kegiatan dikedua tempat tersebut diakhiri dengan foto bersama dan pembagian sembako. Sore harinya, Ahad (19/1/2020) rombongan Komunitas GBMN Meranti kembali bertolak menuju Kota Pekanbaru. (MBS***)
Home