Bersin sesekali bukanlah masalah besar, bahkan itu dialami oleh semua orang dari waktu ke waktu. Namun ketika serangan bersin meningkat pesat, tak dipungkiri itu menjadi hal yang amat menjengkelkan.
"> Bersin sesekali bukanlah masalah besar, bahkan itu dialami oleh semua orang dari waktu ke waktu. Namun ketika serangan bersin meningkat p" />
Home

Cara Alami Menghentikan Bersin

Kamis, 25/03/2021 - 22:08:52 WIB

ZONARIAU.COM | JAKARTA - Bersin sesekali bukanlah masalah besar, bahkan itu dialami oleh semua orang dari waktu ke waktu. Namun ketika serangan bersin meningkat pesat, tak dipungkiri itu menjadi hal yang amat menjengkelkan.

Terdapat sejumlah cara alami untuk membantu menghentikan bersin.

Bersin adalah mekanisme alami yang membantu menghilangkan iritasi dari hidung. Setiap kali benda asing seperti kotoran, asap, atau debu, masuk ke lubang hidung, lapisan sensitif hidung kita mungkin mulai teriritasi atau menggelitik.

Hal ini menyebabkan kita bersin untuk membersihkan saluran udara dan menghilangkan partikel debu. Dengan kata sederhana, bersin adalah pertahanan pertama tubuh kita melawan bakteri asing.

Bersin juga tindakan refleks, yang akan berhenti dengan sendirinya setelah beberapa saat. Namun, dalam beberapa kasus, bersin terus-menerus dapat membuat kita sangat tidak nyaman dan membuat kita terengah-engah.

Berikut cara alami untuk membantu menghentikan bersin, dikutip dari Times of India.

Identifikasi pemicu
Langkah pertama adalah untuk mengidentifikasi pemicu Anda. Hampir semua hal yang mengiritasi hidung bisa membuat Anda bersin. Mengidentifikasi pemicunya dapat membantu Anda mendapatkan perawatan yang tepat.

Beberapa pemicu umum mungkin termasuk:

- Debu
- Serbuk sari
- Bulu hewan peliharaan
- Cahaya terang
- Parfum
- Makanan pedas
- Lada hitam
- Virus flu biasa

Jika Anda tidak dapat menentukan pemicunya, kunjungi dokter Anda. Ia mungkin merekomendasikan tes alergi yang dapat membantu untuk mencari tahu apa yang menyebabkan Anda bersin tanpa henti.

Setelah Anda mengidentifikasi pemicunya, Anda dapat memilih salah satu cara alami untuk meredakannya:

1. Madu
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat membantu mencegah bersin terkait pilek dan flu.

Memiliki satu sendok teh saja dapat mengurangi peradangan dan memberikan kelegaan instan. Namun, terjadi reaksi alergi, madu mungkin bukan pilihan yang ideal.

2. Uap
Menghirup uap air panas adalah cara lain untuk mengatasi bersin.

Yang perlu Anda lakukan, ambil air panas dalam mangkuk besar dan tekuk uap yang dikeluarkannya. Tutupi kepala Anda dengan handuk untuk menghirup uap dengan benar.

Menguapkan uap panas dapat membersihkan saluran hidung dan juga mengobati hidung meler. Ini juga merupakan obat yang efektif untuk pilek dan flu.

Studi menunjukkan bahwa mengambil uap dapat mengurangi waktu pemulihan penyakit sekitar satu minggu.

3. Hindari makan besar
Ini mungkin terdengar aneh tetapi beberapa orang bahkan mulai bersin setelah makan besar.

Dalam istilah medis, ini disebut sebagai snatiation, yang terdiri dari dua kata "sneeze" atau bersin dan "satiation" atau kenyang.

Para ahli belum dapat memahami mengapa ini terjadi, tapi bisa dengan mudah dicegah dengan makan dalam porsi kecil dan makan lebih sedikit.

4. Mengatakan sesuatu yang aneh
Diyakini bahwa mengucapkan kata-kata yang aneh atau memelintir lidah juga dapat mengalihkan perhatian Anda dari bersin dan membuat Anda merasa lebih baik.

Tidak ada penelitian untuk mendukung klaim ini, tetapi Anda dapat mencoba dan melihat apakah itu berhasil. 'Pickles' adalah salah satu kata yang dipercaya dapat membantu.

5. Jangan melihat langsung ke cahaya
Paparan cahaya terang yang tiba-tiba atau melihat langsung ke sinar matahari juga bisa membuat beberapa orang bersin.
Sekitar sepertiga orang menderita kondisi ini yang menyebabkan mereka bersin saat melihat cahaya terang.

Kondisi ini dikenal sebagai bersin fotik dan diturunkan dari satu anggota keluarga ke anggota lain. Untuk menghindari hal ini, kenakan kacamata hitam polarisasi setiap kali Anda keluar rumah.

6. Konsumsi vitamin C
Buah seperti jeruk dan lemon mengandung bahan kimia yang disebut flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat.

Flavonoid dapat membantu membangun kekebalan dan membantu Anda melawan bakteri yang tidak diinginkan yang menyebabkan pilek dan alergi lainnya.

7. Cubit hidung
Ini adalah metode lain untuk menghentikan bersin sebelum terjadi. Saat Anda merasa akan bersin, cubit hidung Anda seolah-olah Anda sedang mencium sesuatu yang tidak enak.

Anda juga bisa mencubit hidung tepat di bawah alis. Kedua trik itu disebut cukup berhasil.

8. Minyak kayu putih
Mengendus minyak kayu putih adalah obat lain yang bagus untuk bersin karena alergi debu. Minyak esensial ini mengandung senyawa yang disebut serai wangi, yang bekerja sebagai ekspektoran (meningkatkan sekresi dahak melalui saluran udara) dan memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial kayu putih ke saputangan Anda dan terus hirup. Ini akan membantu membersihkan saluran hidung dan menghilangkan partikel debu.

Bersin adalah masalah sementara, yang akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Ini hanyalah salah satu mekanisme pertahanan alami tubuh Anda untuk menghentikan partikel asing memasuki tubuh.

Bersin juga mencegah partikel berbahaya memasuki paru-paru dan menyebabkan masalah serius. Sebagian besar, Anda tidak perlu minum obat apa pun untuk itu.

Jika itu sangat mengganggu Anda, maka Anda dapat mencoba pengobatan rumahan. Jika tidak kunjung hilang dengan sendirinya setelah dua hari, bicarakan dengan ahli medis. ***

Sumber Berita : cnnindonesia.com

Home