Home
 
 
 
 
Sejumlah Tokoh Berharap, Kapolda Riau Dipercaya Menjabat Kabareskrim Polri

Senin, 25/01/2021 - 09:56:24 WIB

ZONARIAU.COM | PEKANBARU  - Tak terasa sudah, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, SH., SIK., M.Si, sudah mencapai 1,4 tahun memimpin Polda Riau. Selama kepemimpinan Agung, banyak kinerja dan prestasi yang besar dicapai untuk kebaikan masyarakat Riau, 24/1/2021.

Prestasi-prestasi menonjol yang berhasil ditorehkan oleh Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi adalah selama kapolda Riau adalah keberhasilan jajarannya dalam menumpas jaringan mafia Narkoba Internasional, dari berbagai wilayah di Provinsi Riau dengan barang tangkapan hampir 1 Ton Shabu-shabu dan ratusan ribu pil ekstasi selama kepemimpinannya.

Selain Narkoba, bidang kejahatan lainnya, seperti Penyelundupan Barang-barang, Rokok, Elektronik dan lainya berhasil digagalkan oleh Polda Riau. Bahkan ada benih Lobster berhasil digagalkan oleh Ditpolair Polda Riau dengan nilai puluhan miliar rupiah.

Ilegal logging yang terus dari waktu ke waktu diburu oleh tim dari Ditreskrimsus Polda Riau, bahkan untuk memastikan kondisi alam hutan dan lingkungan hidup di Riau, jenderal bintang dua ini tak segan untuk memasuki rimba dan bermalam di tengah hutan bersama dengan anggota-anggotanya dari Polda Riau. Ada ribuan tual kayu bulat yang telah diamankan oleh jajaran Polda Riau, dan ratusan tersangka ditahan demi menyelamatkan hutan lestari, dan hutan lindung Riau yang mejadi penyangga kehidupan dan menjaga system ekologis alam.

Masih banyak bentuk kejahatan lainya, yang berhasil di tumpas oleh Irjen Pol Agung, termasuk praktek perjudian yang marak terjadi di semua kabupaten/kota di Provinsi Riau, pun sudah di tertibkan selama kepemimpinan Agung Setya Imam Efendi.

Yang paling populer dari sepak terjang Irjen Pol Agung selama menjadi orang nomor satu di Polda Riau adalah, ketegasan dan keberaniannya dalam menindak siapapun anggotanya yang terlibat kejahatan, sebagai contoh kasus seorang Kompol dari Polda Riau yang mendapat hukuman berat dan disebut penghianat bangsa oleh Kapolda Agung karena terbukti terlibat dalam kasus jaringan Narkoba.

Yang paling membuat publik dan pejabat tinggi Negara Republik indonesia, termasuk Presiden RI Joko Widodo angkat topi adalah, kemampuan IT yang di miliki oleh Agung, sungguh luar biasa. Ia mampu melahirkan konsep dan ide yang sangat cemerlang, bahkan satu-satunya di Indonesia, yakni sebuah aplikasi yang bernama Dashboard Lancang Kuning. Karya Teknologi ini sangat canggih dan mutakhir, karena mampu mendeteksi keberadaan titik api dimanapun di provinsi Riau, yang dipantau dari ruang kantor Kapolda Riau ke seluruh wilayah di Provinsi Riau, sehingga karhutla yang selama puluhan tahun tidak teratasi, kali ini dengan mudah dapat di taklukkan oleh ide hebat Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi.

Berkat dari teknologi yang kabarnya terhubung ke 9 satelit itu, Riau memasuki 2 tahun belakangan bebas dari asap.

Atas sejumlah prestasi dan keseriusan Kapolda Agung dalam bertugas di Riau, maka sejumlah tokoh masyarakat Riau, dari berbagai kalangan, sangat mengapresiasi dan memuji kinerja Agung, sebut saja dari beberapa tokoh yang berhasil di wawancara oleh awak media ini.

Ketua DPW Riau Partai Demokrat, Asri Auzar, SH, saat di wawancara mengatakan pihaknya melihat Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi sangat care dengan masyarakat Riau, dan punya banyak prestasi yang sebelumnya belum pernah dirasakan oleh rakyat Riau.

, "Saya sangat apresiasi kepada kinerja dan prestasi Pak Kapolda Agung, beliau sangat terbuka kepada semua pihak, bekerja dengan penuh perhatian dan tidak kenal lelah, sangat konsisten untuk memberantas segala bentuk kejahatan di Riau, kita mendengar hampir setiap saat selalu ada penangkapan jaringan Narkoba yang cukup besar, perjudian dimana-mana beliau habisi, ilegal logging, penyeludupan dan berbagai kejahatan lainya di Provinsi Riau," Jawab Asri Auzar lewat telpon selulernya.

Asri Auzar yang sangat mengapresiasi kinerja Kapolda Riau itu juga menambahkan, bahwa dirinya melihat ada sesuatu yang luar biasa pada sosok jenderal bintang dua itu, yakni disebutnya Irjen Pol Agung sebagai Kapolda bertangan dingin.

, "Pak Agung bagi saya pribadi sangat hebat, kita Riau yang selama ini selalu berhadapan dengan asap, namun kini sudah tidak terlihat lagi asap, pemimpin seperti ini yang di butuhkan masyarakat untuk saat ini, harapan kita beliau dipercaya oleh Presiden RI untuk memimpin Bareskrim Polri, karena menurut pengamatan kita sudah sambat tepat, "lanjut Asri.

Ketua Kepemudaan, dari DPD Riau Ikatan Pemuda Karya (IPK), Kasten Harianja, pun mengatakan hal yang sama, dimata seluruh jajaran Ikatan Pemuda Karya di berbagai kabupaten/Kota di Provinsi Riau harus mengakui diamasa kepemimpinan Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, rakyat Riau sangat kondusif dan terjaga kondisi Kamtibmas, sehingga sangat aman bagi rakyat Riau untuk melakukan aktivitas.

"Yang kami perhatikan selama kepemimpinan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, ada ketegasan dalam upaya memberantas segala bentuk kriminal di Wilayah Hukum Polda Riau. Jadi beliau orangnya memang konsisten, termasuk bertangan dingin, kita lihat banyak yang dilakukan beliau, dia ahli IT. Selama pak Agung memimpin Polda Riau, Kita selamat dari terpaan asap seperti tahun-tahun lalu, ini sangat luar biasa, dan Pak Agung layak memimpin Kabareskrim Polri," Ujar Ketua DPD Riau Ikatan Pemuda Karya (IPK), Kasten Harianja.

Menurut Kasten, Kamtibmas dan  Kondusifitas Riau sangat terjaga selama kepemimpinan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi.

,"Kami dari DPD Riau Ikatan Pemuda Karya, sangat berharap dan turut berdoa, kiranya bapak Agung dipercaya oleh Presiden RI Joko Widodo menjabat sebagai Kabareskrim Polri kedepan, " Ujarnya.

Tokoh Akademisi Riau, Ir. A. Z. Fachri Yasin, M. Agr, yang merupakan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau, dan Tokoh masyarakat Riau dari warga Minangkabau Sumatera Barat, saat di wawancara oleh media mengatakan, sosok Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi sangat tepat untuk memimpin Kabareskrim Polri, alasanya, oleh Fachri mengatakan, Agung sangat mumpuni dalam menangani sejumlah persoalan di Riau, sehingga paling tepat untuk menduduki Kabareskrim Polri.

,"Kapolda Riau ini sangat begitu mengetahui persoalan masyarakat Riau, dia benar-benar punya hati untuk masyarakat Riau, saat saya bertemu beliau, sangat banyak bercerita tentang Riau, saya begitu terkesan dengan pengetahuan beliau terhadap segala persoalan Riau, sangat profesional dan bertanggung jawab dengan jabatannya, "urai Fachri dalam wawancara dengan media.

Menurut mantan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Riau dan Mantan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau itu, melihat prestasi Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi yang telah melakukan banyak hal untuk kebaikan rakyat Riau itu, maka di harapnya, Irjen Pol Agung dapat menjabat Kabareskrim Polri.

Dari Ketua Lembaga Anti Narkotika Riau (LAN) Riau, Sefianus Zai, SH, juga menyampaikan rasa bangganya dan apresiasinya terhadap kepemimpinan Irjen Pol Agung.

,"Kapolda Riau Irjen Pol Agung, selama bertugas di Riau, sesuai pengamatan kami, beliau sangat konsisten dalam melakukan terobosan dan perubahan di Jajaran Polda Riau. Beliau sangat tegas kepada pelaku kejahatan, tidak pandang bulu dan tidak tebang pilih, beliau juga tidak kompromi kepada pelaku kriminal baik kepada pribadi maupun kepada Corporasi," Kata Sefianus

Menurutnya, yang lebih signifikan dalam kinerja kapolda Riau, yakni sangat konsisten memberantas kejahatan, khususnya seperti kejahatan Lingkungan, kejahatan Narkoba maupun Korupsi.

,"Kita doakan beliau dapat amanah yang lebih besar demi mendukung perubahan di dalam tubuh kepolisian terlebih dalam penegakan hukum yang tegas tanpa kompromi dan negosiasi," Lanjutnya.

Dari Tokoh Pers Riau, Drs. Wahyudi El Panggabean, MH, juga menyampaikan pandangannya terkait kinerja dan prestasi Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, dan disebut sangat pantas untuk mengemban jabatan sebagai Kabareskrim Polri.

,"Sebagai Tokoh Pers, saya terus mengamati kinerja dan terobosan Kapolda Riau, menurut saya luar biasa. Dengan aktivitasnya yang konsisten memberantas illegal logging dan narkoba, Kapolda Riau di appresiasi oleh Pers dan masyarakat Riau sebagai Kapolda paling eksis, dan juga dekat dengan Pers dan publik di Riau," Ungkap Wahyudi.

Pendiri Sekolah Pendidikan Jurnalis Center (PJC) Pekanbaru itu mengaku bahwa Kapolda Agung pantas mendapat penghargaan dari semua lapisan masyarakat, termasuk insan Pers.

,"Saya kira, baru kali ini Kapolda Riau mendapat Award dari kalangan Pers sebagai respon atas kinerjanya yang excellent dan gemilang, ini menurut saya sesuatu yang luar biasa," Pungkas Wahyudi.

Dari Pengamat Sosial Politik Riau, Dr. Husni Thamrin, M.Si, tak lupa juga menyampaikan rasa kebanggaannya terhadap berbagai prestasi yang gemilang yang di torehkan oleh Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, sehingga Husni Thamrin sangat berharap nantinya Agung dipercaya untuk menjabat posisi yang lebih tinggi lagi di jajaran Polri.

,"Ia mempunyai akhlakul karimah tersebut, pendistribusian jabatan strategis POLRI untuk mewakili wilayah SUMATERA Sudah sangat layak dan patas Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Iman Efendi, menjadi Kabareskrim Polri, semoga Allah merestui dan memudahkan jalan beliau," Harapnya.***

Sumber : aktualdetik.com
Home