Home
 
 
 
 
Sekda Rohul Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Ujung Batu

Rabu, 03/02/2021 - 22:51:31 WIB
ZONARIAU.COM | PASIRPENGARAIAN  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap petugas kesehatan di Puskesmas Ujung Batu, Rabu pagi 03 Februari 2021.

Di sela meninjau, Abdul Haris menerangkan peninjauan ini guna memastikan pelaksanaan vaksinisasi Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal Cina, Sinovac, kepada petugas medis Puskesmas Ujung Batu, sehingga berjalan aman, lancar, dan sesuai prosedur atau sesuai petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Saat peninjauan, Sekda Rokan Hulu didampingi istrinya yang juga Ketua DWP Rokan Hulu Netty Herawati, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rokan Hulu dr. Bambang Triono, Kapolsek Ujung Batu AKP Amru Hutauruk, perwakilan Koramil Ujung Batu, serta beberapa petugas Dinkes Rokan Hulu.

Diakuinya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga medis di Puskesmas Ujung Batu berjalan lancar. Para petugas medis sangat enjoy menjalani proses vaksinasi.

"Sampai hari ketiga pelaksanaan vaksinisasi di Rokan Hulu masih berjalan lancar," ungkap Abdul Haris.

Sekda Rokan Hulu tidak menampik ada petugas yang divaksinasi atau tertunda disebabkan komorbid (penyakit penyerta) yang membutuhkan pertimbangan dari petugas Dinkes Rokan Hulu dan Dinkes Provinsi Riau.

Sejauh ini, papar Abdul Haris, pelaksanaan vaksinisasi di daerahnya aman, hal itu dibuktikan pada dirinya sendiri yang merupakan penerima vaksin pertama di Kabupaten Rokan Hulu.

"Sampai saat ini tidak terjadi masalah pada diri saya, oleh karena itu tidak perlu ragu dan takut jika divaksin. Semuanya sudah diteliti oleh para ahli," ujar pria yang pernah menjabat beberapa pimpinan satuan kerja atau organisasi perangkat daerah.

Sekda Rokan Hulu mengimbau seluruh tenaga kesehatan selaku garda terdepan, mendapatkan vaksinisasi Covid-19 sesuai yang diharapkan.

"Selaku garda terdepan, perjuangan kita bagi kesehatan masyarakat bisa terjamin terbebas dari ancaman Covid-19," harap Abdul Haris.

Sementara, Kepala Puskesmas Ujung Batu, Rina Kurnia Ningtias, menerangkan target vaksinasi di Puskesmas dipimpinnya diikuti 53 tenaga medis.

Vaksinisasi di hari pertama yang telah mengikuti screening ada 36 petugas kesehatan, namun yang lolos hanya 10 orang. Di hari kedua, 28 tenaga kesehatan mengikuti screening dan 17 orang dinyatakan lolos.

"Untuk hari ketiga ini masih sedang berlangsung," tambah Rina, dan berharap target vaksinisasi tercapai.

Rina mengimbau seluruh tenaga kesehatan dan warga Ujung Batu tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mentaati 3M, yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan.

"Jangan setelah divaksin merasa bebas. Meski sudah divaksin protokol kesehatan tetap harus dijalankan," tandas Kepala Puskesmas Ujung Batu.***

Sumber : Riauterkini.com
Home