Home
 
 
 
 
Orang Gila Banyak Berkeliaran, Dinsos Kota Pekanbaru Diminta Bertindak

Senin, 01/03/2021 - 10:14:29 WIB

ZONARIAU.COM | PEKANBARU - Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODJG) atau yang sering disebut orang gila semakin marak berkeliaran di pinggiran jalan protokol Kota Pekanbaru. Dengan berpakaian compang camping bahkan setengah telanjang mereka tanpa ragu mendatangi kedai-kedai dan warga untuk meminta rupiah.

Irma seorang pedagang kedai sarapan pagi Tangerang Tengah Kecamatan Marpoyan Damai dirinya merasa khawatir dengan keberadaan orang gila yang berkeliaran tersebut.

"Memang mereka cuma meminta uang seribu dua ribu, tapi ketika tidak diberi mereka kadang mengamuk dan berteriak-teriak sehingga membuat pelanggan saya ketakutan, " ujar Irma.

Hal yang sama juga dirasakan Pedagang Mie Ayam jalan Cempaka Kecamatan Sukajadi. Ketika sedang berdagang dirinya didatangi orang gila yang meminta uang dengan nada ancaman.

"Minta lima ribu, kalau tidak diberi akan dibalikkan gerobak mie ayam ini, " Ujar Eti dengan cukup kesal.

Lanjut, Selaku warga Pekanbaru mereka berharap kepada pemerintah untuk menangani masalah ini. Pasalnya jika dibiarkan begitu saja akan semakin meresahkan masyarakat.

"Kita berharap Dinas Sosial mengamankan mereka dan memulangkan mereka ke keluarganya, " Ujarnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Mahyudin mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan tim satgas yang setiap hari berkeliling Kota Pekanbaru untuk mengamankan orang dalam gangguan jiwa (ODJG).

"Sepanjang 2021, sudah 11 ODJG yang kita amankan dan dirawat di Rumah Sakit Jiwa Tampan dan RS Lancang Kuning. Selain itu saya berharap kerjasama dari masyarakat untuk melaporkan ODJG yang berkeliaran ke Dinas Sosial Kota Pekanbaru, " Singkatnya.***
Home