Home
 
 
 
 
Kabupaten Rohul Masuk Nominasi Penghargaan APE Kementrian PPPA RI

Kamis, 25/03/2021 - 20:39:00 WIB

ZONARIAU.COM | PASIRPENGARAIAN  - Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, masuk nominasi untuk Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya ( APE) Tahun 2020 dari Kementerian PPPA Republik Indonesia.

Tahap awal, Tim Verifikator Penghargaan APE dari Kementerian PPPA, yakni Asisten Deputi Bidang Pengharusutamaan Gender, M. Ikhsan, melakukan verifikasi secara virtual dengan instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu, pada Selasa 24 Maret 2021.

Verifikasi virtual yang menerapkan protokol kesehatan ini diikuti Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris, S.Sos, M.Si, Kadis PPPA Rokan Hulu Hj. Sri Mulyati, S.Sos, M.Si, perwakilan Kepala Bappeda Rokan Hulu, Ketua Baznas Rokan Hulu, serta perwakilan OPD terkait, dan Tim Penggerak PKK Rokan Hulu.

Sekda Rokan Hulu, Abdul Haris, menyampaikan Penghargaan APE sangat baik, dan diharapkan bisa dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hulu, terutama pengaruh persamaan gender karena membuka peluang kaum perempuan untuk terus ikut berkarya, berdedikasi dan berinovasi.

Selain itu, para perempuan juga ikut serta dalam membantu pemerintah daerah di sektor pembangunan maupun pembangunan ekonomi.

Abdul Haris menerangkan Pemkab Rokan Hulu sendiri telah membuat regulasi-regulasi untuk mendukung Pengharus Utamaan Gender ( PUG), terutama mulai menyusun Perda.

Sudah dua Perda disusun dan ada Peraturan Bupati, Surat Edaran Bupati, serta penandatanganan fakta integritas oleh sejumlah OPD terkait yang menjadi driver untuk PUG.

Abdul Haris mengharapkan apa yang sudah dilakukan memenuhi regulasi, bahkan saat ini Kabupaten Rokan Hulu masuk nominasi penilaian penghargaan APE yang digagas oleh Kementerian PPPA.

Diakuinya, Pemkab Rokan Hulu bukan melulu mengejar prestasi dalam hal penghargaan saja, akan tetapi berkeinginan apa yang dilakukan bermanfaat bagi masyarakat.

"Jika kita bisa mendapatkan penghargaan ini tentu merupakan motivasi bagi kita untuk komitmen dalam PUG," papar pria yang pernah menjabat Staf Ahli Bupati Rokan Hulu ini.

Dari data yang sudah dilengkapi, kata Sekda, Kabupaten Rokan Hulu punya peluang menerima Penghargaan APE, apalagi sudah masuk nominasi se-Indonesia.

"Dan kita yakin apa yang sudah kita lakukan sudah sesuai dengan harapan dari tuntutan regulasi yang ada," optimis Abdul Haris.

Masih di tempat sama, Kadis Sosial P3A Kabupaten Rokan Hulu, Sri Mulyati, menerangkan bahwa APE PUG merupakan komitmen pemerintah melalui beberapa instansi terkait supaya gender terangkat dan ada kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dengan penilaian berupa konektifitas antara data dengan kenyataan di lapangan.

Dimana, tambah Sri, keseimbangan antara jumlah laki-laki dan perempuan di setiap OPD, dan turut dilibatkan beberapa lembaga seperti Puspaga, PKK, termasuk Kementerian Agama.

Data yang dimasukkan merupakan data 2019 sampai 2020, dan saat ini Kabupatem Rokan Hulu akan melengkapi data sesuai catatan yang telah diberikan Kementerian PPPA RI.

Sri mengharapkan pada 2021 Kabupaten Rokan Hulu mendapatkan penghargaan APE dari pemerintah pusat tersebut. ***

Sumber : bidikonline.com
Home