Home
 
 
 
 
Soal Nikah Massal, Ketua MUI Nisel Minta Ustaz Abdul Mun'im Dihukum Adat

Kamis, 10/06/2021 - 09:24:28 WIB

Nias - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Nias Selatan menanggapi video viral pernyataan Ustadz Abdul Mun’im di media ANNABA.TV yang menyatakan akan mengadakan “nikah massal” di Nias Selatan karena di Nias Selatan banyak yang tidak kawin hingga 40 tahun karena adat Nias Selatan. Rapat Forkopimda dilaksanakn di Ruang Aula Vidcon Polres Nias Selatan, Selasa (8/6/2021).

Dalam rapat tersebut tampak hadir Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, S.H., M.H., mewakili Kajari oleh Kasi Intel Kejari Teluk Dalam, Satria Putra Zebua, S.H., Wakapolres Nias Selatan, Kompol Jauhari Lumbantoruan, mewakili Komandan Lanal Nias oleh Pasi Intel, Mayor Laut (T) Rudi Taufik, mewakili Dandim oleh Danramil 12 Teluk Dalam, Mayor H. Zega, Kasat Intelkam Polres Nias Selatan, AKP Zul Efendi, S.H. Kemudian Kepala Kementerian Agama Nias Selatan, Drs. H. Hurung Jaya Saragih, Ketua MUI Nias Selatan, Milyar Wau, Ketua Umum BKAG, Pdt. Pengalaman Bago, Koordinator TRCK (Tim Reaksi Cepat Kristiani), Sidi Adil Harita, S.Sos., M.A., AKBP (Purn) Martin Luther Dachi, S.Sos., Sekertarius Umum PGID, Pdt.

Mardalianus Wau, Sekban Kesbangpol Nias Selatan, Eva Duha, Sekum MUI Kabupaten Nias Selatan, Abdul Gami G., Ketua dan berapa anggota GMKI Nias Selatan, Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat, dan Perwakilan Mahasiswa/i yang bergabung dalam wadah Pemuda Peduli kebudayaan Nias Selatan. Teruna Wau: Adakan Nikah Massal di Nias Selatan, Mendatangkan Malapetaka! Setelah Koordinator Tim Reaksi Cepat Kristiani (TRCK) Sidi Adil Harita, S.Sos., M.A., menyampaikan tujuan dan maksud terbentuknya TRC Kristiani, Ketua Majelis Ulama (MUI) Kabupaten Nias Selatan, Milyar Wau sangat menyesali bahkan mengutuk rencana Ustadz Abdul Mun’im yang akan mengadakan nikah massal di daerah Nias Selatan. Milyar Wau menyampaikan bahwa telah merusak tatanan umat beragama yang rukun dan menghina adat istiadat di Nias Selatan dengan pernyataannya itu.

Nikah Massal Ancam Kerukunan di Nias Selatan, Polres Nias Selatan Langsung Tanggap Ketua MUI Nias Selatan juga menyampaikan bahwa sejak dahulu kala hingga detik ini adat istiadat Nias Selatan belum pernah mengenal yang namanya nikah masal. “Atas nama pribadi dan sebgai Ketua MUI Kabupaten Nias Selatan mengutuk keras hal itu,” ungkap ketua MUI Kabupaten Nias Selatan. Mantan Sekretaris FKUB selama dua periode ini juga meminta Forkopimda untuk segera memanggil Ustadz Abdul Mun’im untuk dimintai klarifikasinya dan bila perlu karena beliau sudah menciderai adat istiadat di Nias Selatan, Ustadz Abdul Mun’im disanksi secara adat. Termasuk orang-orang yang mengajak beliau ke Nias Selatan agar dimintai keterangannya.

 â€śPada kesempatan ini kami menyarankan kepada Forkopimda agar segera memanggil Ustadz Abdul Mun’im dan meminta klarifikasinya terkait video tersebut, kemudian kalau bisa disanksi sesuai adat Nias Selatan, karena mencela adat istiadat Nias Selatan, termasuk orang-orang yang mengajak beliau ke Nias Selatan agar dimintai keterangannya,”

sambutnya.  Ketua GMKI Teluk Dalam: Pernikahan Massal Karena Masalah Adat, Itu Pelecehan! Milyar Wau yang juga merupakan Tokoh Adat Nias Selatan menyampaikan terima kasih banyak kepada Tim Reaksi Cepat Kristiani (TRCK) yang begitu sigap dalam bertindak untuk mereda hal-hal yang tidak diinginkan di Nias Selatan. Kesigapan TRCK telah sangat membantu untuk memperahankan keutuhan kerukunan umat beragama di Nias Selatan.

“Saya ucapkan terima kasih banyak atas kesigapan TRCK dalam mereda segal hal yang tidak kita inginkan terjadi di Nias Selatan, Tim ini telah mempertahankan keutuhan kerukunan umat beragama di Nias Selatan,” tutupnya.***

Sumber :  MIMBARBANGSA.co.id
Home