Home
 
 
 
 
Pentingnya Belajar Kepemimpinan Bagi Peserta Didik

Senin, 14/06/2021 - 19:09:32 WIB

OPINI - Pada dasarnya setiap anak yang dilahirkan didunia ini memiliki potensi menjadi seorang pemimpin. Tinggal orang tua atau gurulah yang mengajarkan, membimbing serta mengarahkan anak untuk menjadi seorang pemimpin.

Menurut teori sosial tentang kepemimpinan, pemimpin itu harus disiapkan, dididik, dan dibentuk, tidak terlahir begitu saja. Berdasarkan teori sosial ini, maka seorang pemimpin itu harus disiapkan sejak dini. Maka usia yang pas untuk mengajarkan kepemimpinan kepada anak adalah sejak anak masih duduk disekolah dasar.

Lalu seberapa penting kepemimpinan diajarkan bagi peserta didik di sd? Kepemimpinan sangat penting diajarkan sejak dini, karena di waktu sd-lah daya tangkap anak sangat tinggi dan otak mereka dapat menyerap banyak hal melalui pengalaman.  Jika tidak dilatih sejak dini maka peserta didik tidak dapat menjadi seorang pemimpin yang handal di masa depan. Karena itu belajar  kepemimpinan di sekolah dasar sangat penting untuk di ajarkan.  Selain itu mengajarkan kepemimpinan kepada peserta didik  memiliki manfaat yang sangat penting di antaranya:

1.Mampu mengenali diri sendiri dengan belajar dasar-dasar kepemimpinan, siswa memiliki kemampuan untuk  mengenali dirinya sendiri, sehingga dia akan tahu bakat dan kemampuan apa yang dimilikinya.

2.Membentuk skill dan karakter peserta dIdik belajar kepemimpinan akan membentuk skill dan karakter peserta didik, karena mereka akan diajarkan bagaimana karakter seorang pemimpin yang baik dan mereka juga diajarkan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin

3.Belajar berorganisasi dalam kepemimpinan siswa juga belajar bagaimana cara berorganisasi, sehingga saat nanti siswa  sudah masuk ke jenjang sekolah yang berikutnya, siswa akan dapat mempraktikkan secara langsung skill yang telah dipelajarinya di sd.

4.Membangun kepercayaan diri belajar kepemimpinan sejak dini akan menumbuhkan rasa percaya diri anak. Para siswa tidak akan pernah berani memimpin jika tidak pernah memegang tanggung jawab. Karena itu, dengan belajar kepemimpinan akan melatih keberanian dan kepercayaan diri siswa.

5.Displin dan taat peraturan seorang siswa yang sudah belajar kepemimpinan pasti memiliki sifat yang lebih disiplin dan taat peraturan , karena siswa sudah mendapatkan contoh saat belajar sehingga ini akan saat berguna dalam kehidupan sehari-harinya.

6.Belajar berkomunikasi yang baik belajar kepemimpinan juga mengajarkan siswa bagaimana cara berkomunikasi yang baik. Karena siswa di ajarkan untuk berani berbicara didepan orang banyak sehingga saat nanti dia menjadi pemimpin di organisasinya, maka siswa tidak akan takut lagi berbicara didepan orang banyak.

Itulah beberapa manfaat belajar kepemimpinan sejak dini. Dengan belajar kepemimpinan sejak dini, diharapkan setiap peserta didik mampu memimpin dirinya sendiri dan mejadi pemimpin yang hebat dimasa depan. Kemudian diharapkan begi setiap sekolah dasar dapat mengajarkan kepemimpinan bagi peserta didiknya, kerena belajar kepemimpinan sangat berguna bagi masa depan mereka.*

Penulis :
Datin Suri Perdana, 
Dwi Wahyuningsih,
Eka Nurafni Sihotang,
Miftari Putri Destari

(Mahasiswa semester 6 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau)
Home