Home
 
 
 
 
Ketua KPU Kampar Menjadi Narasumber Sosialisasi Perempuan Berpolitik di DPPKBP3A

Jumat, 18/06/2021 - 15:31:31 WIB

Ketua KPU Kampar Maria Aribeni S.Si menjadi Narasumber pada kegiatan sosialisasi perempuan berpolitik dalam meningkatkan kesetaraan gender dalam pembangunan yang di taja oleh bagian advokasi kebijakan dan pendampingan peningkatan partisipasi perempuan dan politik, hukum, sosial,  ekonomi di Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana,  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar,Rabu (16/6).

Kepala DPPKBP3A Drs.Edi Afrizal., M.Si. didalam sambutan mencontohkan KPU Kampar yang hari ini di Pimpin oleh seorang Ketua yakni keterwakilan Perempuan Ibu Maria Aribeni. S. Si. M.Si dan memotivasi peserta acara untuk dapat dijadikan contoh.

Maria Aribeni menyampaikan dalam paparan materinya bahwa peran dan partisipasi perempuan dalam politik untuk meningkatkan kesetaraan gender sangat diharapkan. Apalagi regulasi sudah memberikan ruang keterwakilan 30% bagi perempuan baik di lembaga legislatif maupun di lembaga penyelenggara setidaknya ada empat yang menjadi alasannya yakni Keadilan, Memanfaatkan Potensi (Perempuan), Pengalaman dan kepentingan perempuan yang sulit diwakilkan kepada laki-laki, Mengubah cara pandang masyrakat terhadap perempuan.

Beni juga menyampaikan,  bahwa Pada pemilu 2019 lalu berdasarkan hasil perolehan suara untuk jenis pemilihan DPRD kabupaten kampar keterwakilan perempuan tren nya terjadi penurunan menjadi 4 orang dari jumlah 45 kursi atau setara dengan 8,9% bila dibandingkan tahun 2014 yakni 7 orang dari total 45 kursi atau setara dengan 15,6% dan begitu juga tingkat partisipasi perempuan dalam lembaga penyelenggara adhoc PPK, PPS dan KPPS di Kabupaten Kampar.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat meningkatkan partisiasi perempuan dalam segala hal untuk meningkatkan kesetaraan gender maka dengan demikian merubah cara pandang terhadap perempuan itu sendiri.” Papar Maria

Maria Aribeni tidak lupa menyampaikan kepada peserta mengenai kegiatan yang dilakukan oleh KPU Kampar saat ini yakni Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan mengajak seluruh peserta ikut mensukseskan dan berpartisipasi aktif dalam menyampaikan informasi dan tanggapan kepada KPU Kampar bila terdapat anggota keluarga, tetangga atau masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT pada Pemilu 2019 yang lalu serta pemilih yang tidak lagi memenuhi syarat (TMS) tentunya dengan melampirkan dokumen pendukung berupa photo copy KK dan KTP elektronik, Hal ini bertujuan untuk mewujudkan DPT akurat dan Berkualitas pada Pemilu/Pemilihan 2024 mendatang Tutupnya.

Peserta kegiatan ini adalah perwakilan perempuan dari partai politik serta Organisasi perempuan di Kabupaten Kampar, kegiatan ini diselenggarakan bertempat di Aula Kantor DPPKBP3A sebagai tujuan untuk meningkatkan partisipasi serta peran perempuan berpolitik dalam meningkatkan kesetaraan gender yang dibuka secara langsung oleh Kepala DPPKBP3A Drs.Edi Afrizal., M.Si.(KPU/DiskominfoKampar).
Home