Home
 
 
 
 
BPN Serahkan 300 Sertifikat Tanah, Ini Merupakan Program Strategis Nasional PTSL Oleh Kementerian AT

Selasa, 07/09/2021 - 18:38:20 WIB

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasioanal (BPN) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) telah menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat. 

Penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis kepada 20 penerima, yang mana sertifikat tanah secara langsung diserahkan Bupati Rohil Afrizal Sintong yang diwakili Sekda Rohil HM Job Kurniawan didampingi Kepala BPN Rohil Rocky Soenoko diselenggarakan di Gedung H. Misran Rais Bagansiapiapi pada Kamis (02/09/2021) lalu.

Kepala BPN Rohil Rocky Soenoko mengatakan, dalam penyerahan sertifikat tanah yang di gelar secara virtual dan se rentak se Provinsi Riau oleh Menteri ini, untuk Rohil sendiri ada sebanyak 300 sertifikat yang diserahkan kepada masyarakat.

"Penyerahan sertifikat untuk rakyat ini dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten kota di seluruh Provinsi Riau, pada kesempatan ini sebagian masyarakat Rohil akan menerima sertifikat PTSL tahun 2021 sebanyak 300 sertifikat tanah," kata Rocky.

Rocky menerangkan, program PTSL merupakan program strategis nasional. melalui PTSL Kementerian Agraria dan tata ruang/ BPN, diharapkan mampu menyelesaikan tantangan untuk dapat memetakan seluruh bidang tanah di Republik Indonesia pada akhir tahun 2024.

Pelaksanaan PTSL pada tahun 2021 ini, lanjutnya, telah memasuki tahun keempat sejalan dengan tema rencana strategis Kementerian ATR maka PTSL tahun ini merupakan tahun peningkatan kualitas dalam pelayanan pertanahan Kabupaten Rohil dengan luas wilayah 8.881,59 km terdiri dari 18 Kecamatan dan 172 Kepenghuluan serta 26 kelurahan.

"Saat ini, total sertifikat yang siap diserahkan di kabupaten Rohil dari program PTSL tahun 2021 sebanyak 2.344 sertifikat dari total sertifikat sebanyak 9.546," Kata Rocky.

Program PTSL, sebutnya lagi, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi rakyat. Untuk itu, kantor BPN Rohil melalui program PTSL berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tentunya hal ini menjadi kebahagiaan bagi masyarakat Rohil mengingat dengan adanya sertifikat ini berarti status kepemilikan tanah sudah jelas dan mendapat kepastian hukum dari Negara.

Rocky juga menambahkan, pelaksanaan PTSL tahun 2021 di kabupaten Rohil mendapat target sebanyak 6.500 bidang tanah untuk target peta bidang dan 6.000 bidang tanah untuk target SHAT, yang dilaksanakan di Kecamatan simpang kanan, Kecamatan Rimba Melintang dan Kecamatan tanah putih.

Dan untuk kegiatan PTSL PM mendapatkan 10.000 SHAT di kecamatan pasir limau kapas dan Kecamatan Kubu Babussalam.

"300 sertifikat tanah yang diserahkan hari ini ini terdiri dari Kecamatan simpang kanan kepenghuluan kota parit sebanyak 225 sertifikat dan kepenghuluan Bukit Damar sebanyak 75 sertifikat," Jelas dia.

Sementara itu, Sekda Rohil HM Job Kurniawan mengatakan bahwa Pemerintah Daerah memberikan dukungan penuh kepada BPN dalam program PTSL.

"Kita Pemda akan terus mensupport dan kita berharap seluruh tanah masyarakat memiliki sertifikat sehingga nilai ekonomi bertambah," kata Job.

Apalagi tambahnya, program PTSL tersebut merupakan program gratis dan tanpa dipungut biaya oleh BPN dalam mengeluarkan sertifikat.

"Kita berharap program yang merupakan gagasan Presiden ini terus berlanjut. Sehingga, seluruh tanah yang ada di kabupaten Rohil terdata dengan baik dan masyarakat memiliki sertifikat," Sambungnya.

Penyerahan sertifikat serentak se-Provinsi Riau secara virtual itu juga dihadiri Kasi Pidsus Kejari Rohil Hardianto SH, beberapa kepala OPD, Camat dan unsur lainnya.
Home