Home
 
 
 
 
Ini Usaha Ternak Yang Menjajikan, Modal Kecil!

Selasa, 05/10/2021 - 09:54:15 WIB

Beternak merupakan aktivitas bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Bagaimana tidak demand akan hewan ternak baik untuk makanan maupun peliharaan terus bertambah sering dengan kebutuhan manusia yang makin banyak.

Namun menjalankan usah ternak terkadang terkendala akan pengetahuan dan modal. Memang untuk usaha ternak sendiri membutuhkan modal besar dan harus siap akan resiko seperti penyakit ternak dan sebagainya.

Di zaman yang sudah canggih ini peternakan juga makin mudah digeluti berbagai orang, banyak informasi beredar mengenai pengetahuan ternak membuat orang semakin berani menggeluti bisnis ini.

Berikut ini beberapa hewan ternak bermodal kecil dan bisa dijalankan bagi peternak pemula :

Beternak lele  

Usaha beternak lele akhir akhir ini sangat digemari oleh masyarakat karena sangat mudah dalam perawatan, selain itu modalnya kecil. Usaha beternak lele bisa menggunakan alternatif seperti beternak dalam kolam terpal dan beternak dalam drum atau tong. Dalam waktu 40-50 hari anda bisa menikmati hasil panen ikan lele.

Pertimbangan lain adalah biaya pakannya murah karena bisa mengandalkan pakan pakan limbah tanpa harus mengurangi kadar gizi dan kebtuhan gizi lele tersebut. Bisa jadi, usaha beternak lele ini murah meriah.

Beternak kroto

Semakin banyaknya peternak burung kicau membuka peluang usaha beternak kroto, karena kroto adalah makanan favorit dari burung kicau. Beternak kroto tidak membutuhkan biaya mahal, karena anda dapat menggunakan toples untuk media rumah kroto dan makanannya pun mudah tidak seperti ternak besar lainnya yang ahrus beli dengan biaya mahal.

Jadi, beternak kroto sangat direkomendasikan jika anda tidak memiliki keahlian dan modal besar.

Beternak jangkrik

Sama halnya dengan beternak kroto, beternak jangkrik pu mudah dilakukan dengan modal kecil. Peluang ini terbuka juga karena semakin banyaknya orang memlihara burung kicau. Jangkrik juga salah satu makanan favorit, terutama dalam hal merawat suara burung agar suaranya bagus. Anda cukup membeli bibit atau telur jangkrik kemudian dikembangkan dalam sebuah kotak cukup besar.

Jangan khawatir soal makanan karena makanannya mudah dicari dan murah seperti daun kering, ubi ubian dan sayuran.

Usaha beternak jangkrik juga sangat direkomendasikan jika anda memiliki modal kecil untuk memilih jenis ternak yang menguntungkan ini, apalagi jika penyuka burung kicau, mungkin banyak motivasi jika anda berusaha menjalankannya.

Beternak cacing

Mungkin anda berpikir buat apa ternak cacing, Karena cacing pun tanpa diternak juga mudah dicari di alam. Janganlah berpikir begitu semua bisa dijadikan usaha yang penting tidak merugikan orang lain.

Cacing dibutuhkan untuk makanan ikan baik itu ikan hias seperti cupang atau ikan konsumsi seperti lele dan nila. Cacing yang bisa diternakan ialah jenis cacing lumbricus sp atau jenis cacing tanah.

Untuk modal usahanya cukup murah karena hanya memerlikan tempat sederhana untuk rumah cacing fdan makananya pun tidak susah beli, karena bisa menggunakan kotoran ternak.

Beternak burung hias atau kicau

Peluang usaha beternak burung hias atau kicau sudah tidak diragukan lagi menjadi salah satu bisnis terlaris di Indonesia. Bagaimana tidak Indonesia yang memiliki berbagai jenis burung indh menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Pemeliharaannya pun mudah dan pakannya buah-buahan menjadikan burung kicau seperti lovebird sangat mudah dibudidayakan.

Beternak entok

Entok adalah salah satu jenis unggas yang masih sangat jarang diusahakan secara besar atau dalam usaha skala besar. Hal ini menjadi kesempatan pemodal kecil untuk menjalankan usaha, berbeda unggas lainya seperti ayam yang sudah banyak diusahakan oleh pemodal besar.

Mungkin tidak sebesar ayam penghasilannya, namun pertimbangan lainya adalah saingannya jarang, pakanya murah dan lebih tahan penyakit dibanding ternak ayam. Jadi, tidak salah jika mencoba usaha beternak entok skala rumahan untuk usaha sampingan.

sumber:akurat.co
Home