Home
 
 
 
 
Cara Aktifkan Fitur Backup Terenkripsi WhatsApp ke Google Drive dan iCloud

Sabtu, 16/10/2021 - 09:22:08 WIB

WhatsApp baru saja memperkenalkan fitur backup chat terenkripsi ke Google Drive atau iCloud bagi para penggunanya.

Kabar ini pertama kali mencuat lewat blog WABetaInfo yang menyebutkan, WhatsApp sedang melakukan uji coba fitur tersebut masih sebatas pengguna iOS.

Kini lewat update terbaru aplikasi WhatsApp, pengguna dapat mengaktifkan backup terenkripsi ini di HP Android dan iOS mereka.      

Perlu diketahui, fitur backup enkripsi end-to-end ke Google Drive dan iCloud ini harus diaktifkan secara manual oleh pengguna. Bagaimana caranya?

Gampang, pengguna hanya perlu masuk ke Pengaturan > Obrolan > Cadangan obrolan > Cadangan terenkripsi.

Pastikan kamu juga memasukkan password atau kata sandi pilihan agar chat yang tersimpan di Google Drive dan iCloud aman.

WhatsApp mengatakan, bila sudah dikunci dengan password, maka Google atau Apple tidak akan mampu mengakses atau membaca chat tanpa mengetahui password.

Informasi, fitur backup terenkripsi ini memang belum dinikmati oleh semua pengguna WhatsApp. Disebutkan, update fitur ini akan dirilis secara bertahap ke semua pengguna.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

WhatsApp Gulirkan Fitur Backup Terenkripsi

Sebelumnya, perusahaan baru melakukan uji coba fitur tersebut hanya untuk pengguna perangkat iOS.

Walau chat di WhatsApp telah dienkripsi end-to-end secara default, perusahaan masih belum merilis fitur enkripsi bilamana pengguna ingin mencadangkan obrolan ke Google Drive atau iCloud hingga sekarang.  

Uji Coba Opsi untuk Atur Ukuran File Backup Chat

Di sisi lain, WhatsApp kedapatan telah menguji coba tool yang memungkinkan pengguna untuk mengatur ukuran file backup chat.

Perubahan awal ini terbatas pada WhatsApp untuk versi Android dan bisa bekerja pada backup yang disimpan di Google Drive.

Mengutip laman Gadget NDTV, Rabu (13/11/2021), berdasarkan laporan WABetaInfo, WhatsApp kini mengembangkan sesi "Manage backup size" yang memungkinkan pengguna mengatur sendiri ukuran file backup sebelum mengunggahnya ke cloud.


Home