Home
 
 
 
 
Sejarah Google sebagai Mesin Pencari Internet yang Paling Sering Digunakan

Kamis, 04/11/2021 - 13:27:57 WIB

Google adalah istilah yang sudah familier di telinga semua orang sekarang ini. Apalagi, bagi orang-orang yang sering menggunakan internet. Google adalah tujuan utama kebanyakan orang saat ingin mencari sebuah informasi di internet.

Google adalah situs yang paling banyak dibuka di internet. Situs ini bisa mencari informasi apa saja dari belahan dunia mana saja. Saat ini miliaran orang menggunakan Google setiap hari untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan.       

Google adalah situs mesin pencari online. Namun, sekarang ini Google juga menyediakan berbagai produk layanan internet lainnya seperti email, sistem operasi, hingga beragam perangkat lunak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/11/2021) tentang Google adalah.

Google adalah

Google adalah perusahaan mesin pencari yang didirikan pada tahun 1998 oleh Sergey Brin dan Larry Page. Saat ini Google berkantor pusat di Mountain View, California. Lebih dari 70 persen permintaan pencarian online di seluruh dunia ditangani oleh Google.

Mesin pencari online Google adalah salah satu situs paling sukses di Internet. Selain mesin pencarinya, Google juga menawarkan beragam layanan dan produk lainnya, termasuk akun email, browser Web, perangkat lunak produktivitas, berbagi video dan situs jejaring sosial, ponsel dan aplikasi, alat pemetaan, e-book (buku elektronik), dan iklan internet.

Terlepas dari segudang produknya, mesin pencarian Google tetap menjadi inti kesuksesannya. Saat ini setiap orang yang mencari informasi di internet, pasti mengandalkan Google. Google adalah salah satu brand paling berharga di dunia.

Sejarah Berdirinya Google

Kemunculan Google berawal dari dua mahasiswa Stanford: Larry Page dan Sergy Brin. Saat itu keduanya merupakan mahasiswa Ph.D yang sedang membuat proyek penelitian. Page dan Brin tertarik dengan gagasan untuk mengekstraksi makna dari kumpulan data yang terkumpul di Internet. Keduanya kemudian merancang jenis teknologi pencarian baru di kamar asrama Page pada tahun 1996.

Nama domain www.google.com kemudian didaftarkan pada 15 September 1997 dan perusahaan didirikan pada 4 September 1998. Misi dari Google adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang".

Awalnya, Google adalah mesin pencari bernama " BackRub", karena sistem memeriksa backlink untuk memperkirakan pentingnya sebuah situs. Namun, Page dan Brin kemudian menggantinya menjadi Google yang merupakan pelesetan dari "googol". Googol merupakan istilah matematika untuk angka satu dengan seratus nol di belakangnya. Nama ini dipilih untuk menandakan bahwa mesin pencari dimaksudkan untuk memberikan informasi dalam jumlah besar.

Perkembangan Google

Dalam waktu sekitar satu tahun, perusahaan telah menerima sekitar $25 juta dalam pendanaan modal ventura, dan mesin pencari memproses 500.000 kueri per hari. Aktivitas meledak ketika Google menjadi mesin pencari klien untuk Yahoo!, salah satu situs Web paling populer.

Pada tahun 2004, ketika Yahoo! ditiadakan dengan layanan Google, pengguna melakukan pencarian Google sekitar 200 juta kali sehari, dan pada tahun 2008 mereka melakukannya sekitar 65 juta kali per jam. Mesin pencari ada di mana-mana sehingga "Googling" menjadi ungkapan umum yang berarti "mencari di Internet."

Google kemudian menjadi perusahaan publik pada tahun 2004. Penawaran umum perdana perusahaan ini berhasil meraup $ 1,66 miliar dan membuat Page dan Brin menjadi miliarder secara instan. Pada tahun 2010 Google peringkat bersama raksasa teknologi seperti Microsoft Corporation dan IBM dalam nilai pasar.

Google kemudian terus meningkatkan teknologi mesin pencari (algoritmanya) dan menawarkan berbagai penyempurnaan. Google juga mulai menyediakan layanan pencarian untuk pengguna ponsel. Google memperoleh sebagian besar pendapatannya dari iklan yang ditampilkan di halaman Web yang dikembalikan oleh mesin pencarinya.

Pada tahun 2003 Google membeli perusahaan Pyra Labs, pembuat perangkat lunak pembuatan blog populer Blogger. Pada 2005 Google meluncurkan Google Earth, layanan pemetaan online yang memungkinkan pengguna untuk memanggil gambar satelit terperinci dari sebagian besar lokasi di Bumi.

Pada 2006, Google meluncurkan Google Apps yang berisi kalender, program pesan instan, program pembuatan halaman Web, dan Google Documents. Google juga membeli YouTube pada tahun 2006 seharga $1,65 miliar dalam bentuk saham. Google kemudian merilis browser Web gratis Chrome pada tahun 2008. Google kemudian mengembangkan sistem operasi gratis.

Pada 10 Agustus 2015, Google melalui postingan blog, CEO Google Larry Page mengumumkan pembentukan perusahan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan usaha-usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google.

Fakta-Fakta Tentang Google

Sebagai situs pencari terbesar di dunia, ada fakta-fakta unik yang dimiliki Google. Berikut fakta-fakta menarik dari Google:

- Google adalah situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Google bahkan menjadi salah satu istilah yang paling banyak dicari di Bing.

- Pada tanggal 16 Agustus 2013, Google tidak dapat diakses selama 5 menit, pada saat itu penggunaan Internet secara global turun 40%.

- Pada 1997, Google ingin menjual sistem mesin pencari mereka ke Yahoo seharga $ 2 juta. Yahoo tidak menerima tawaran ini. Belakangan, Yahoo ingin kembali ke tawaran ini dan menawarkan 3 miliar pada tahun 2002. Kali ini Google tidak menerima tawaran itu. Hari ini Yahoo jauh kurang berharga dibandingkan Google.

- 16% hingga 20% dari semua penelusuran belum pernah ditelusuri sebelumnya di Google. Artinya, Google mendapatkan jutaan pencarian setiap hari yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Sistem SEO akan selalu mengetahui perkembangan baru ini agar tetap up-to-date.

- Beranda Google tersedia dalam 80 bahasa. Sembilan bahasa terakhir yang telah ditambahkan adalah: Hausa, Igbo, Yoruba, Somalia, Zulu, Mongolia, Nepal, Punjabi, dan Maori.

- 33% dari semua pencarian di Google berasal dari smartphone.

- Google memiliki sekitar 90% pangsa pasar dunia. Google memiliki pangsa pasar sekitar 90% dalam hal mesin pencari (Jan 2017).


Home