Home
 
 
 
 
Sejarah dan Tema Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2022

Selasa, 14/06/2022 - 10:45:24 WIB


TERKAIT:
   
 
PEKANBARU - Hari Donor Darah Sedunia 2022 diperingati pada tanggal 14 Juni. Peringatan tersebut sebagai bentuk terima kasih kepada para pendonor darah yang sukarela mendonorkan darahnya untuk keselamatan banyak nyawa.

Hari Donor Darah Sedunia juga bertujuan untuk mengingatkan kesadaran akan pentingnya donor darah dan produk darah yang aman.

Dilansir detik.com, mengutip dari website resmi World Health Organization (WHO), Hari Donor Darah Sedunia untuk pertama kali diperingati pada tahun 2004. Hari besar tersebut juga ditetapkan sebagai acara global tahunan oleh Majelis Kesehatan Dunia ke 58 pada tahun 2005.

Penetapan Hari Donor Darah Sedunia didasarkan atas kesepakatan bersama oleh beberapa organisasi, yaitu WHO, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Federasi Internasional Organisasi Donor Darah, dan Perhimpunan Internasional Transfusi Darah. Tujuan Hari Donor Darah Sedunia untuk meningkatkan kesadaran yang lebih luas akan pentingnya ketersediaan dan penggunaan dari darah dan produk darah yang aman.

WHO menyebutkan, makna Peringatan Hari Donor Darah Sedunia pada tanggal 14 Juni adalah untuk merayakan ulang tahun Karl Landsteiner (1868-1943). Beliau merupakan seorang ahli biologi dan dokter Austria yang dianggap sebagai "pendiri" transfusi darah modern.

Pada tahun 1901, Karl Landsteiner berhasil menemukan golongan darah ABO dan mengembangkan sistem klasifikasi golongan darah modern.

Bersama dengan Alexander S. Wiener, faktor Rhesus pada tahun 1937, ia berhasil mengidentifikasi penemuan tersebut sehingga memungkinkan dokter untuk melakukan transfusi darah tanpa membahayakan nyawa pasien.

Selain meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah, Hari Donor Darah Sedunia 2022 juga bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pendonor darah yang sukarela tanpa dibayar untuk mendonorkan darahnya kepada nyawa yang membutuhkan.

Dengan begitu, harapannya akan lebih banyak lagi orang yang mampu berkomitmen terhadap donor darah secara sukarela demi meningkatkan kesehatan dan keselamatan nyawa orang lain di seluruh dunia.

Hari Donor Darah Sedunia 2022 mengusung tema "Donating blood is an act of solidarity. Join the effort and save lives." atau "Mendonorkan darah adalah suatu tindak solidaritas. Bergabunglah dengan upaya dan selamatkan nyawa".

Penyelenggaraan peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2022 akan diadakan pada 14 Juni 2022 mendatang, di Mexico City, Meksiko.

Arti tema pada Hari Donor Sedunia 2022 adalah:

1. Memberikan apresiasi sebagai bentuk terima kasih kepada para donor darah di dunia dan menciptakan kesadaran masyarakat secara lebih luas akan pentingnya donor darah yang teratur dan sukarela tanpa dibayar

2. Memberikan perhatian lebih akan kebutuhan donor darah sepanjang tahun yang berkomitmen untuk mempertahankan persediaan darah yang memadai dan mencapai akses universal serta tepat waktu ke transfusi darah yang aman

3.Mengakui dan mempromosikan nilai-nilai pendonor darah yang sukarela dan menciptakan solidaritas masyarakat dan kohesi sosial

4. Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya peningkatan investasi dari pemerintah untuk membangun sistem darah nasional secara berkelanjutan dan tangguh, serta meningkatkan pengumpulan dari donor darah sukarela tanpa dibayar.

Ada sederet kegiatan yang dapat dilakukan untuk turut serta membantu menyuarakan Hari Donor Darah Sedunia 2022. Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya:

1. Melakukan kampanye melalui media sosial mengenai slogan pentingnya donor darah

2. Menyebarluaskan postingan yang berhubungan dengan kegiatan donor darah individu

3. Melakukan pertemuan atau lokakarya yang membahas pentingnya donor darah secara sukarela

4. Mengadakan acara seperti pentas seni yang bertujuan untuk merayakan solidaritas donor darah.

(Mediacenter Riau)
Home