Home
 
 
 
 
Sekdaprov Riau Hadiri Pengukuhan TKPSDA WS Siak 2022

Rabu, 13/07/2022 - 08:24:03 WIB

Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Haryanto Saat memberikan kata sambutan
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi  Riau SF Hariyanto, menghadiri sekaligus memberikan kata sambutan dalam acara Pengukuhan Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (TKPSDA) Siak, di Hotel Premiere Pekanbaru Selasa (12/07).

Pada sambutannya, SF Hariyanto mengatakan air merupakan hal yang dibutuhkan oleh setiap makhluk di dunia untuk itu perlu menjaga kualitas sumber daya air agar tidak terjadi perusakan.

“Seperti yang kita ketahui air dan sumber daya air adalah karunia serta nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Air merupakan hal yang dibutuhkan dalam kehidupan didunia ini, kita tidak dapat hidup tanpa air, “ katanya.

“Karena begitu sangat pentingnya air sehingga kita perlu menjaga sumber daya air supaya tidak terjadi kerusakan,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, pendangkalan sungai, pencemaran sampah, dan banjir merupakan masalah yang sering muncul di daerah sekitaran sungai, untuk itu semua perlu pengelolaan yang terpadu.

“ Pendangkalan yang disebabkan oleh erosi yang terjadi disekitar bibir sungai dan pencemaran yang diakibatkan pembuangan limbah di sepanjang sungai membuat pemerintah membentuk petugas pengelolaan Sumber Daya Air yang telah ditetapkan oleh melalui kebijakan nasional dan peraturan-peraturan yang ada,” jelasnya

Lebih lanjut, ia menerangkan untuk itu perlunya pembentukan TPKSDA Wilayah Sungai Siak untuk mencapai tujuan pengelolaan, upaya merencanakan, memantau, mengevaluasi penyelenggaraan konservasi sumber daya air, pendayagunaan sumber daya air, dan pengendalian daya rusak air.

Ia berharap, dengan memiliki tim koordinasi di wilayah sungai Siak dari segala lintas sektor dapat meningkatkan sumber daya air menjadi lebih baik.

“ Alhamdulillah pada hari ini telah melihat dikukuhkannya TKPSDA Wilayah Sungai Siak, semoga diharap dapat meningkatkan sumber daya air menjadi lebih baik karena memiliki keanggotaan dari unsur pemerintah dan non pemerintah, dengan perwakilan kabupaten dan kota,” harapnya.
Home