Home
 
 
 
 
Warga Desa Tinokah Sergai Gelar Aksi Kuasai Tanah PT Bridegestone

Minggu, 18/09/2022 - 10:54:20 WIB


TERKAIT:
   
 
Sergai, Zonariau.com - Puluhan warga Desa Tinokah, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) yang mengaku tergabung dalam kelompok tani Masyarakat Adat Sorba Jahe Naga Tongah Sihora Hora menggelar aksi di areal Divisi 1 afdeling A1 PT Bridgestone Rubber Estate (PTBSRE) Desa Parlambean, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai, Sabtu (17/09/2022).

Dalam aksi ini, Masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani tersebut meminta agar tanah yang dikuasi oleh PT Bridgestone seluas sekira 273.91 Ha di serahkan kembali kepada masyarakat.

Sebab tanah tersebut di klaim masyarakat adalah tanah leluhur yang harus dikembalikan dan harus menjadi hak mereka kembali.

Ketua kelompok tani Sorba Jahe Naga Tongah Sihora Hora Masten Damanik Kepada Wartawan disela sela aksi menyatakan, Areal ini dulunya adalah wilayah kerajaan opung bermarga Damanik.

"Terkait HGU PT BSRE untuk areal ini, sepengetahuan kami sudah berakhir pada Tanggal 16 September 2022," kata Masten Damanik.

Selain menyatakan tanah tersebut adalah tanah leluhur mereka, masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani itu juga terlihat mendirikan bangunan dan menanami pohon kelapa sawit di tengah barisan pohon karet di areal PT Bridgestone.

Asisten Bidang Security PT BSRE Dolok Melangir Jhoni Lupiadi Sh dilokasi kepada wartawan mengatakan, Pihaknya menurunkan 100 orang personil untuk mengamankan aksi kelompok tani tersebut.

"Kita berharap tidak ada tindakan anarkis dan kita juga akan menghindari bentrokan fisik kepada masyarakat," Terangnya.

Sementara itu, Manager HRD PT Bridgestone Sumatra Rubber Estate Junaidi kepada wartawan mengatakan, Bahwa HGU PT Bridgestone Sumatra Rubber Estate berakhir pada Tanggal 31 Desember 2022, sesuai dengan sertifikat HGU yang diserahkan oleh BPN Deli Serdang pada Tahun 1997 dan hingga saat ini dalam pembaharuan.

" PT BSRE akan tetap mempertahankan areal yang di klaim pihak kelompoak tani tersebut. HGU PT BSRE saat ini sedang dalam pembaharuan di BPN Sumatera Utara," Tegasnya.

Tampak dilokasi aksi, kelompok tani memasang spanduk bertuliskan "Tanah ini Milik Masyarakat Adat Sorba Jahe Naga Tongah Sihora - Hora Bukan Tanah Milik PT. BRIDGESTONE".

Amatan awak media, Personil Polres Tebing Tinggi, Polda Sumut ikut berjaga jaga guna mengantisipasi bentrokan. Hingga aksi ini berakhir, Situasi berlangsung aman dan kondusif. (Mendrova).
Home