Home
 
 
 
 
Kejari Bengkalis Musnahkan Barang Ilegal Dengan Cara di Bakar

Kamis, 30/05/2024 - 18:35:19 WIB


TERKAIT:
   
 
BENGKALIS, ZONARIAU.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis melaksanakan pemusnahan barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (Inkracht) dari bulan Januari - Mei 2024. Bertempat di Wilayah Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polres Bengkalis, Jalan Bengkalis Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Rabu,(29/5/2024).

Pemusnahan barang bukti oleh Kejaksaan Negeri Bengkalis turut dihadiri Wakil Bupati Bengkalis, DR. H. Bagus Santoso, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, beserta jajarannya, Dandim 0303 Bengkalis, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis, Kalapas Bengkalis, Kepala Rubasan dan  Forkompinda Bengkalis

Kajari Bengkalis Zainur Arifin Syah mengatakan, pemusnahan barang bukti ini bentuk dari keputusan yang sudah ada kepastian hukum seperti, perkara narkoba, kriminal lainnya dan perdagangan. Ada 113 perkara yang sudah Inkracht telah diputuskan baik di Pengadilan Negeri Bengkalis, Pengadilan Tinggi Pekanbaru dan Mahkamah Agung

Barang bukti yang dimusnahkan yaitu, "Narkotika jenis sabu seberat 338,99 gram, pil ekstasi 266 butir dan ganja kering 381,1 gram dengan cara dilarutkan dalam air bercampur deterjen, serta barang bukti tindak pidana perdagangan Rokok sebanyak 217 kardus, makanan 101 kotak, minuman 150 kes, pakaian 21 bal, tas 64 bal dan sepatu 150 bal dengan cara dibakar," papar Kajari Bengkalis.

"Pemusnahan barang bukti kali ini merupakan barang bukti dalam perkara narkotika, orang dan harta benda yang telah di sita dan telah menjalani proses persidangan serta telah diputus di Pengadilan Negeri Bengkalis, Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Disamping itu, tujuan lain pemusnahan barang bukti yang di laksanakan dengan cara di bakar dan lainnya bermaksud agar tidak dapat digunakan lagi oleh masyarakat," ucapnya.

Selain itu, Kajari Bengkalis juga berpesan kepada para pelaku kejahatan, "Bahwa negara tidak akan mentoleransi tindakan kriminal dan akan bertindak tegas untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum," tegasnya.

Ditambahkan lagi, "Ini adalah bagian dari upaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya Kabupaten Bengkalis, dimana hukum berlaku adil dan setiap orang dapat hidup dengan damai dan tentram,"pungkasnya.

Bupati Bengkalis diwakili Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso mengucapkan Apresiasi kepada Kejari Bengkalis dan Tim, perlu diketahui bahwa Kabupaten Bengkalis merupakan wilayah strategis sehingga menjadi salah satu wilayah yang mudah dimasuki oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang memasukkan barang secara ilegal.

"Seperti narkotika jenis sabu dan jenis lainnya, sehingga kita berupaya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap masuknya narkotika dan barang-barang ilegal tersebut, tak lepas dari kerjasama semua pihak, tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Kapolres Bengkalis yang sigap dalam menangani kasus-kasus tersebut," ucap Bagus Santoso. **(Rdn)
Home